Keuangan, Asuransi, Perbankan, Finance, Kesehatan, Kanker

Sabtu, 25 Juli 2015

Asal Usul Buah Belimbing Wuluh

Asal-Usul-Buah-Belimbing-Wuluh

Yenisafira.com - Belimbing wuluh atau nama latinnya (Averhoa balimbi) merupakan salah satu tanaman yang rasanya asam. Dalam bahasa Jawa buah belimbing ini disebut sebagai belimbing wuluh, dalam bahasa Sunda disebut calincing, dalam bahasa Bali disebut blimbing buluh, dalam bahasa Aceh disebut selimeng dan dalam bahasa Ambon belimbing disebut sebagai takurela.

Tanaman buah belimbing ini berasal dari Amerika tropis, Indonesia dan Malaysia. Biasanya tanaman ini tumbuh dengan subur di daerah yang ketinggiannya mencapai 500 meter diatas permukaan laut. Batang pohonnya ini lebih kecil dibanding dengan pohon belimbing manis yang tingginya mencapai 10 meter lebih.

Belimbing wuluh ini mengandung senyawa kimia diantaranya adalah asam oksala, saponin, kalium, tanin, glucoside, calsium oksalat, asam format, sulfur, peroksidase, protein, kalium sitrat, fosfor, kalsium, zat besi, thiamine, karoten, niacin, flavon, serta serat.

Ciri-ciri tanaman buah belimbing ini antara lain adalah bentuk batangnya yang berupa kayu serta mempunyai kandungan cambium, memiliki banyak cabang pada pohonnya, daunnya yang berupa seperti daun majemuk yang menyirip ganjil dengan 21-45 pasang anak daun, anak daunnya bertangkai pendek, bentuknya bulat telur sampai jorong dan ujung daunnya runjing, serta bentuk pangkalnya membundar dan tepinya rata, dengan panjangnya yang mencapai 2-10 cm dan lebarnya yang mencapai 1-3 cm.

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan antara lain adalah dapat mengobati rematik, dapat mengobati gondongan, mengobati sakit gigi, mengatasi batuk, mengatasi penyakit beguk, serta dapat mengatasi gigi berlubang.

oh ya, belimbing wuluh ini juga dapat menyembuhkan diabetes lho. Dengan cara cuci daun belimbing wuluh terlebih dahulu hingga bersih, lalu rebus dengan air, tunggu airnya sampai mendidih, angkat dan tunggu sampai airnya dingin, setelah itu saringkan dan ambil airnya. Lakukanlah cara ini dengan rutin dengan minum dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Selain manfaatnya untuk kesehatan, belimbing wuluh ini juga mempunyai manfaat untuk kecantikkan lho, antara lain menghilangkan jerawat, menghilangkan panu pada kulit, mengecilkan pori-pori pada wajah, serta dapat memerahkan bibir.

Nah, itulah asal usul buah belimbing wuluh ini serta ciri-cirinya, kandungannya dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya dan selamat mencoba dirumah, terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Asal Usul Buah Belimbing Wuluh

0 komentar:

Poskan Komentar