Keuangan, Asuransi, Perbankan, Finance, Kesehatan, Kanker

Sabtu, 06 Februari 2016

Gangguan Gusi Ternyata Ada Hubungan Dengan Penyakit Kanker Payudara

Gangguan Gusi Ternyata Ada Hubungan Dengan Penyakit Kanker Payudara

Sakit pada bagian gusi atau periodontal sudah pernah dialami setiap orang. Dan hal ini sudah dianggap penyakit biasa, gejala ini pada dasarnya adalah panas dalam sehingga menyebabkan sakit dibagian gusi.

Meski demikian, ternyata sakit dibagian gusi bukan hal yang boleh Anda anggap remeh, seperti baru-baru ini ada sebuah peneliti dari University at Buffalo's School of Public and Health Professions menemukan jika sakit gusi atau periodontal sangat erat kaitannya dengan risiko kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan terhadap wanita menopause dan mengalami penyakit gusi, sebagian besar dari mereka sangat rentan terhadap masalah kanker payudara.

Tak hanya bagi mereka yang mengalami menopause dan penyakit gusi, beberapa dari mereka yang memiliki riwayat aktivitas merokok memiliki risiko kanker payudara lebih besar. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang pernah merokok dan tidak merokok memiliki risiko kanker yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Para peneliti menyebutkan jika bakteri dan virus di mulut perokok lebih banyak jika dibandingkan dengan mereka yang nggak merokok. Sebelumnya, para peneliti meneliti 73.737 wanita yang telah mengalami menopause dan tidak memiliki risiko kanker payudara.

Wanita ini juga telah tercatat dalam Womens Health Intiatove Observational Study dan dinyatakan bebas dari risiko kanker. Tapi, setelah diteliti kembali, sebanyak 26,1 % wanita yang mengalami penyakit gusi sangat berisiko besar terhadap kanker payudara.

Bahkan penemuan terbaru menyebutkan sekitar 2.124 wanita yang mengalami masalah pada gusinya positif mengalami risiko kanker payudara. Dari temuan ini, para peneliti percaya bahwa mereka yang mengalami masalah pada gusi, 14% lebih rentan mengidap kanker payudara jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah mengalami masalah dengan kesehatan gusinya.

Bukan hanya itu saja, mereka yang merokok dan memiliki masalah dengan kesehatan gusi akan memiliki risiko kanker payudara lebih besar lagi. Bahkan, untuk wanita yang telah berhenti merokok namun memiliki masalah gusi memiliki 5-6 % risiko kanker payudara.

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, masalah kesehatan gusi yang rentan menyebabkan kanker payudara bisa meliputi apa saja. Penyakit gusi bisa mencakup peradangan pada gusi, plak gusi yang tak diobati atau karang gigi yang terlalu parah.

Para peneliti mengungkapkan ketika plak gigi dan tartar tak diobati, hal ini menyebabkan penumpukan pertumbuhan bakteri di gigi. Bakteri inilah yang erat kaitannya dengan kanker payudara atau penyakit serius lain di tubuh.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gangguan Gusi Ternyata Ada Hubungan Dengan Penyakit Kanker Payudara

0 komentar:

Posting Komentar